Mail   |   Chat   |   Forum
Home | Hiburan | Musik | Pendidikan
Update   
 
 
info musik
lirik & lagu
album baru
pendatang baru
top 10
resensi
agenda musik
sosok
   
 
 
RESENSI ALBUM
 
  Maraknya band baru di blantika musik Indonesia belum tentu membuat kemajuan. Tapi Drive menawarkan sesuatu yang berbeda. 'Esok Lebih Baik' jadi perkenalan mereka.
 
 
  Dari judulnya saja 'Don't Make Me Sad' terlihat, di album keduanya ini Letto tak ingin bersedih. Sedikit lagu mellow, dengan fariasi suara baru di musiknya, Letto mencoba garang.
 
      
 
 


  RRI-Online,
Album : A Brand New Day
Penyayi : TEN 2 FIVE
Product :
lagu lain : 1. Please Don't Say Goodbye 2. A Brand New Day 3. Crazy 'bout U, My Love 4. Keraguan 5. Takka
Release : 06 Maret 2006

Lalu bagaimana dengan album terbarunya A Brand New Day? Album ini sebenarnya tidak beranjak jauh dari album sebelumnya, I Will Fly yang sukses melejitkan band pengusung lagu-lagu berbahasa Inggris ini. Lalu apa yang menarik dari album yang mengunggulkan single Don't Say Godbye ini?

Konon, ketika menggarap album ini, beberapa personilnya sedang "terpengaruh" dengan beberapa penyanyi atau band luar yang sedang naik daun. Lalu apakah kemudian lagu-lagunya mengarah ke pengaruh itu?

Don't Say Goodbye seolah menjelaskan influence itu. Lagu lembut yang simpel ini tampaknya tak beranjak dari model-model I Will Fly. Terang saja, lantaran penggemar selalu "berontak" kalau diajak memasuki ranah baru yang mungkin asing. Repotnya, kalau terus-menerus dituruti, lama-lama bisa membosankan lo.

Mungkin karena 'brand' bahasa Inggris itulah, Ten2Five tampaknya "ragu-ragu" untuk menyodorkan single bahasa Indonesia sebagai jagoan. Padahal di album ini, dari 12 lagu, ada 5 lagu yang menggunakan bahasa Indonesia. Atau mungkin, mereka merasa lagu Indonesia kuran "nendang" lagi atau ada dorongan produser untuk lebih mengukuhkan 'brand bule' itu?

Track pertama dibuka dengan A Brand New Day. Hmm, kelembutan apalagi yang mau ditawarkan? Meski temponya naik turun, lagu ini sebenarnya berada tataran musikalitas yang datar. Untungnya, suara Imel makin lama makin asik didengar. Makin tahu tempolah istilahnya. Lagu ini menggiring kita untuk masuk ke area sejenis di lagu-lagu berikutnya.

Dan kemudian kita makin terlena dengan lagu-lagu "puritan" seperti My Love, Crazy 'Bout U atau I Miss U. Yang agak berbeda, meski tak jauh-jauh amat, adalah lagu Keraguan. Ada sedikit "monolog distorsi" yang menggigit di awal saja. Tapi temponya turun di ending.

Sebenarnya, kreativitas "unik" Ten2Five justru ketika menggarap soundtrack film MeversusHigh Heels. Mereka berani menggamit beberapa nama berkolaborasi dengan apik. Kesannya, berani ekperimen dan eksplorasi, meski masih bermain di ranah aman.

Album A Brand New Day memang lebih fresh dan enak didengar. Tapi kalau ngomong sometimes we need to be different, kamu tidak mendapatkan di album ini. Sekedar nyaman bersenandung
     
           
Powered by
      Mail   |   Chat   |   Forum
Divisi Multimedia
Radio Republik Indonesia