Mail   |   Chat   |   Forum
Home | Hiburan | Musik | Pendidikan
Update   
 
 
info hangat
gosip
info sinema
macanegara
pendatang baru
   
 
 
MANCANEGARA
 
? 'HARRY POTTER' Akan Dibuat Versi Teater Musikal
? 'MADE IN CHINA', Film Bollywood Garapan Hollywood
? Patung 'ROCKY BALBOA' Didirikan di Serbia
 
 


 
XAQHALA : WAKIL HIP HOP YANG SIAP MELEJIT
Jakarta-RRI-Online,
TIDAK BANYAK media di Indonesia yang mengupas habis-habisan tentang musik hip-hop. Tak heran, kalau musisi yang mengusung musik hip-hop pun, meski banyak tapi sedikit yang menjulang. Salah satu yang mencoba masuk ke pasar musik Indonesia adalah XAQHALA.

Nama baru? Nampaknya iya, padahal di dunia hip hop, namanya sudah beredar beberapa tahun belakangan. Kiprahnya bisa disebut konsistensi panjang, telah dilalui seorang Xaqhala. Single berjudul Nyamuk yang dipetik dari album kompilasi rap Indonesia (1995) dan Aku Ingin Pergi (1998) yang dibawakan olehnya dalam format duo rap Boyz Got No Brain bersama dengan Rullionzo menjadi bagian dari kisah rangkaian trilogy Pesta Rap yang dibidani Guest Music Production. Rullionzo sendiri akhirnya merilis album dibawah Slank Record, beberapa waktu lalu.

Jejak langkah kolaborasi yang ditorehkannya dalam album Melly Manuhutu dan proyek solo Doyz dari komunitas Indonesian Under Ground Hip Hop turut melengkapi dokumentasi eksistensi Xaqhala yang terus dipertahankan dan semakin memperkuat pencitraannya.

Album teranyarnya diberi titel yang sama dengan namanya, Xaqhala. Dari kover kasetnya saja, kita sudah membayangkan dunia kulit hitam yang kental dengan rap dan hip-hop.Lewat single andalannya yang bertajuk Hanya Dalam Angan yang bernuansa R&B dilengkapi oleh talenta Ru yang dilibatkan di lini vokal.

Memang, msuik ini belum meledak dengan dahsyat seperti pop atau rock yang sudah punya masa kuat. Tapi jangan salah, komunitas ini pun punya performance dan kekuatan yang tidak bisa diremehkan. Xaqhala salah satunya.
   
           
Powered by
      Mail   |   Chat   |   Forum
Divisi Multimedia
Radio Republik Indonesia