Mail   |   Chat   |   Forum
Home | Hiburan | Musik | Pendidikan
Update   
 
 
info hangat
gosip
info sinema
macanegara
pendatang baru
   
 
 
MANCANEGARA
 
? 'HARRY POTTER' Akan Dibuat Versi Teater Musikal
? 'MADE IN CHINA', Film Bollywood Garapan Hollywood
? Patung 'ROCKY BALBOA' Didirikan di Serbia
 
 


 

[01 Agustus 2007]
Michaelangelo Antonioni, Tutup Usia di 89 Tahun
Swedia-RRI-Online,
Bapak sinema modern, Michelangelo Antonioni, meninggal dunia Senin (30/7) malam, dalam usia 94 tahun. Pembuat film paling berpengaruh di dunia itu, meninggal, tidak berselang lama dari meninggalnya tokoh film legendaris Swedia, Ingmar Bergman pada Senin (30/7) siang, dalam usia 89 tahun.
"Dunia film bukan hanya kehilangan sutradara terbesar, tetapi juga seorang master film modern," kata Walikota Roma, Walter Veltroni, Selasa (31/7).

Antonioni, yang juga menjadi tokoh perfilman paling disegani di Italia itu, telah berkarir selama enam dekade, dengan karya-karya termasuk BLOWUP yang meraih nominasi Oscar dan L`AVVENTURA (The Adventure) yang mendapatkan pengakuan internasional.

Rencananya, jenasah Antonioni akan disemayamkan di Gedung Kantor Walikota Roma pada Rabu (1/8).

Antonioni dengan karya-karya filmnya yang disukai masyarakat menempatkan dirinya sebagai ikon sutradara seperti Martin Scorsese, yang menggambarkannya sebagai sebuah puisi dalam kamera. Lahir di Ferrara, Italia Utara, pada 1912, karya pertamanya berjudul CRONACA DI UN AMORE (Story of a Love Affair), dibuat tahun 1950.

Selama dua dekade setelah itu, ia bekerjasama dengan sejumlah nama besar untuk sinema Italia pasca perang, antara lain Marcello Mastroianni, sebelum muncul sebagai salah seorang sutradara internasional pada 1960-an. Di samping meraih sambutan luar biasa di Cannes Film Festival 1957, berkat karya berjudul IL GRIDO (the Outcry), Antonioni membukukan sukses internasionalnya yang pertama lewat L`AVVENTURA (1960), sebuah kisah eksplorasi tentang sterilitas masyarakat modern.

Terobosan besarnya yang kedua terjadi tahun 1966 lewat film berbahasa Inggris BLOWUP, yang membuatnya menjadi sutradara pujaan pembuat film maupun penonton. Sejumlah pihak juga menjuluki Antonioni sebagai salah seorang tokoh sinema Eropa. Karya lain sang sutradara di antaranya ZABRISKIE POINT (1970) dan THE PASSENGER yang dibintangi Jack Nicholson (1975). Sayangnya, keduanya tidak memberikan hasil yang menggembirakan.

Namun, kendati terserang penyakit stroke pada 1983, Antonioni terus berkarya. Setidaknya, ia mendapatkan penghargaan Golden Lion dari Venice Film Festival 1983, dan 'Lifetime Achievements Award' dari Academy Award pada 1995.

   
           
Powered by
      Mail   |   Chat   |   Forum
Divisi Multimedia
Radio Republik Indonesia