Mail   |   Chat   |   Forum
Home | Hiburan | Musik | Pendidikan
Update   
 
 
IPTEK
lingkungan
keluarga
kesehatan
nusantara
tips
figur
   
 
 
 
NUSANTARA
 
? Pecinan Glodok, Pesona Kota Tua di Tengah Gemerlap Metropolitan Jakarta
? Kawah Ijen, Kawah Eksotis Berair Hijau Kebiruan
? Tanah Toraja, Andalan Wisata Sulawesi Selatan
 
 


   
  01 September 2004
MASA KEEMASAN DAN TRAGEDI PESAWAT ULANG-ALIK
Jakarta-RRI-Online,
12 APRIL 1981.
Pesawat ulang-alik pertama, Columbia, diluncurkan ke ruang angkasa. Penerbangan berlangsung dua hari lebih sedikit. Pertama-tama ditujukan untuk menguji sistem yang ada pada pesawat ulang-alik.


18 JUNI 1983.
Sally Ride, yang terbang dengan pesawat Challenger, menjadi wanita pertama Amerika yang tiba di angkasa. Bersama awak lain, ia meluncurkan dua satelit komunikasi.


30 AGUSTUS 1983.
Guion Buiford mengangkasa dengan Challenger menjadi warga kulit hitam Amerika-Afrika pertama yang menjadi astronot.


28 NOVEMBER 1983.
Columbia mengangkut laboratorium Spacelab, yang merupakan koleksi eksperimen moduler yang dirancang oleh NASA dan Badan Ruang Angkasa Eropa. Lab ini kemudian dibawa kembali ke bumi. Total ada 24 misi Spacelab yang dilakukan selama kurun waktu 14 tahun.


7 FEBRUARI 1984.
Astronot Bruce McCandless -jalan-jalan- di angkasa tanpa ikatan dalam misi Challenger.


28 JANUARI 1986.
Challenger, yang awaknya antara lain guru Christa McAuliffe, meledak 73 detik setelah tinggal landas. Para penyelidik kemudian menemukan bahwa cincin-cincin karet pada roket pendorong berbahan bakar padat berubah jadi kaku di musim dingin, sehingga gas pembakaran roket bocor menyemprot ke tangki bahan bakar eksternal.

29 SEPTEMBER 1988.
Setelah seluruh armada ulang alik dihentikan penerbangannya (grounded) selama hampir tiga tahun, pesawat ulang alik Discovery kembali mengangkasa.

4 MEI 1989.
Pesawat ulang alik Atlantis melontarkan wahana angkasa tak berawak Magellan ke orbit di mana selanjutnya ia meluncur selama 15 bulan ke planet Venus.

18 OKTOBER 1989.
Atlantis melontar melontarkan wahana Galileo ke orbit. Enam bulan kemudian ia menjadi pesawat pertama buatan manusia yang mengorbit planet Jupiter.

26 APRIL 1990.
Pesawat Discovery melepas teleskop angkasa Hubble. Ilmuwan kemudian menemukan, bahwa cermin teleskop cacat, dan tahun 1993 astronot mengganti bagian optik Hubble. Setelah diganti, Hubble bisa memproduksi foto bagian-bagian Alam Semesta secara mengagumkan.

7 MEI 1992.
Pesawat Endevour yang menggantikan Challenger terbang untuk pertama kalinya.

29 JUNI 1995.
Atlantis menjadi pesawat ulang alik pertama yang berlabuh (docking) di Stasiun Angkasa milik Rusia, Mir.

29 OKTOBER 1998.
Senator John Glenn, yang pada 1962 menjadi orang Amerika pertama yang mengorbit Bumi dalam kapsul Mercury, kembali mengangkasa dengan pesawat Discovery pada usia 77 tahun.

4 DESEMBER 1998.
Awak Endevour mulai merakit Stasiun Angkasa ISS (International Space Station)

1 FEBRUARI 2003.
Dua puluh dua tahun setelah penerbangan pertamanya ke ruang angkasa, Columbia pecah meledak di angkasa saat sedang kembali ke Bumi.

(ritwan-dit.PPU)


   
           
Powered by
      Mail   |   Chat   |   Forum
Divisi Multimedia
Radio Republik Indonesia